.

.

.

.

.

SILSILA MAGAU

RAHASIA TERBESAR SINDUE

FENOMENA SOEKARNO

FENOMENA SOEKARNO
SOEKARNO DAN AYAHNYA

SEBELUMNYA BACALAH SURAH AL-FATIHAH

بسم الله الرحمان الرحیم
الحمد لله الرب العلمین * الرحمن الرحیم * مالک یوم الدین *

ایاک نعبد و ایاک نستعین * اهدنا الصراط المستقیم *
صراط
الذین انعمت علیهم غیر المغضوب علیهم و لا الضالین *

TENTANG PENGELOLAH BLOG INI

Jumat, 11 Juni 2010

sindue


Sindue adalah sebuah kerajaan klasik di tanah kaili, sebuah sejarah yang penuh dengan misteri. konon keberadaannya sendiri telah berdiri sebelum kerajaan hindu "KUTAI" di kalimantan hal ini diceiterakan dari sebuah ceritera dari kalimantan bahwa ketika kerajaan kuta diserang musuh, mereka pun memintah bantuan pada kerajaan klasik Sindue yang dahulunya kerajaan tersebut memberi gelar kepada kerajaan klasik sindue sebagai "BATANG HARI".
Dan sekarang, entah itu hal yang benar atau tidak, tapi yang jelas betapa pentingnya sebuah sejarah bagi sebuah negara, ia seperti sebuah tongkat, mata bagi membangun masa depan bangsa. dari sejarah kita dapat bercermin dan mawas diri mempelajarinya dan menyempurnakannya di masa depan untuk melangkah kedepan pintu gerbang kesempurnaan yang pada akhirnya kita musti sadar bahwa tiada yang lebih sempurna terkecuali sang skenario terbesar alam semesta Allah SWT.
Sekarang sejarah itu kembali dicari oleh sang penerus dari negara kecil itu dan masyarakat atau rakyat yang mempunyai kepentingan terhadap warisan sejarah tersebut.
kenapa musti dicari.......?
yang sampai-sampai berdarah-darah.
dan jawabannya adalah :
1. Demi mengetahui garis keturunannya, siapa-siapa yang masih keturunan dari kerajaan tersebut.
2. Demi mendapatkan Karomah dari kesaktian yang pada umumnya rakyat kerajaan sindue sendiri mempercayai salah satu turunan dari bangsawan kerajaan tersebut ada yang telah mencapai pringkat "KEWALIAN" yakni benama "LASADINDI" yang lebih dikenal dengan "MANGGE RANTE" (dalam bahasa kaili) atau sering pula disebuat "PUE LOIGI"(dalam bahasa kaili) atau sebutan-sebutan yang lain yang melekat pada dirinya.
LASADINDI sendiri adalah salah seorang tokoh penyebar agama islam di sulawesi tengah yang semasa hidupnya dikenal dengan karomahnya yang akan nampak dalam setiap kesulitan yang dialaminya dalam menyebarkan agama yang dibawah oleh Rasulullah SAW. hal itu sering disaksikan oleh sebagian mereka yang sezaman masa hidupnya dengan beliau.
sekarang, dizaman yang serba modern ini, orang-orang yang musti mencontoh ajaran yang dibawahnya itu malah berbuat kesesatan yang nyata,bukan meniru prilakunya tapi mala mengagungkannya dan menghubungkannya dengan hal-hal yang mistik, apalagi yang lebih parahnya menghubungkannya dengan "UE NTIRA" ( Kerajaan JIN terbesar di sulawesi tengah - tepatnya di jalan trans parigi - tawaili)).
pertanyaan...?
adakah seorang Wali Allah musti bersekutu dengan alam JIN dan kerajaannya yang sekarang berada di "UE NTIRA" tersebut ???
jawabanya....
TENTU TIDAK. hal itu berkembang dikarenakan kerja dari bala tentara dari alam JIN untuk menguasai hati dan pikiran manusia pada umumnya dan rakyat sindue pada khususnya.
terlalu tinggi penghargaan mereka terhadap tokoh "LASADINDI" tersebut hinggah menyebabkan mereka ke jurang kesyirikan yang nyata.
APA BUKTINYA tentang hal itu ?????????
JAWABANNYA adalah.
"coba mari lihat tuguh sang tokoh tersebut "MOLAS" monumen Lasadindi yang dibangun di jantung ibu kota kecamatan sindue yakni Toaya. tepat diperempatan jantungnya berdirilah sebuah tugu yang berhasil didirikan atas dukungan pemerintah setempat dan masyarakatnya. mungkin tugu boleh-boleh saja berdiri sebatas itu tidak akan menjadi berhala nantinya. tapi dasar hati manusia, ia tetap memberhalakan tugu tersebut dan itulah wajah keimanan masyarakat ini."
KU KATAKAN KENAPA DEMIKIAN, KENAPA MEREKA MENJADIKAN TUGU TERSEBUT MENJADI BERHALA.................????
BUKTINYA.............
"ATAS DASAR MIMPI SALAH SEORANG MASYARAKAT DESA TOAYA TELAH DIDATANGI OLEH SANG TOKOH TERSEBUT, KATANYA SEPERTI INI, "KENAPA ENGKAU BIARKAN PATUNGKU ITU DITERIK MATAHARI DAN DIBADAI HUJAN SEDANG ENGKAU MEMBIARKANNYA TANPA ENGKAU MENUTUPINYA"
(MIMPI YANG BENAR ADALAH MIMPI BERTEMU DENGAN RASULULLAH DAN SELAIN ITU BELUM TENTU KEBENARANNYA KARENA MIMPI BERTEMU DENGAN RASULULLAH TIDAK AKAN BISA DISERUPAI DENGAN JIN DAN SETAN)
Akhirnya,....
Tugu tersebut diberi payung berwarna kuning.
BETAPA MASYARAKAT INI TELAH MEMBERHALAKAN TUGU TERSEBUT DENGAN MEMBERI PAYUNG PADA BENDA MATI yang DIBUAT DARI PASIR, SEMEN DAN BATU.BUKANKAH DEMIKIAN PELAJARAN YANG TELAH BERTENTANGAN DENGAN AJARAN YANG TELAH DITURUNKAN OLEH ALLAH MELALUI RASULNYA MUHAMMAD, DAN DITERUSKAN OLEH MANUSIA-MANUSIA SESUDAHNYA TERMAKSUD SALAH SATUNYA ADALAH "LASADINDI" TERSEBUT.

31 komentar:

  1. saya tertarik dgn sejarah2 kerajaan Sindue,,
    dan sya ingin menelusurinya.,tpi tdak thu hrus bgaimna..,
    mhon bantuannya.,,
    (Jeffry Bantahari)

    BalasHapus
  2. lasadindi manggerante paku alam datokarama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luar biasa panggisani miu hile...
      Nanoa sangantotua niuli....
      na heba komiu,,,,

      Hapus
  3. jefri bantahari : atas nama pengelolah blog ini, saya katakan pada anda datang saja ketoaya atau ke enu langsung dngan anak beliu.anda orang mana ???

    BalasHapus
  4. salam kenal...
    saat ini sy sedang mendapatkan tugas kuliah untuk melacak sistem pemerintahan adat/kerajaan pada suatu daerah..
    dan kebetulan sy mengambil wilayah kerajaan sindue...

    klo boleh tau, di daerah mana untuk mendapatkan keterangan lebih lanjt, mengenai sistem pemerintahan kerajaan/adat sindue??? (putra)

    BalasHapus
  5. saudara putra,dtang saja ke desa Enu,dngn anak beliau atau dngn mntan seperjuangannya dulu juga ada didesa Enu.

    BalasHapus
  6. Dan Tidaklah Aku Menciptakan Jin dan Manusia Kecuali untuk Beribadah Kepada-Ku (Adz Dzariyat : 56)
    Asal dari ibadah adalah menghinakan diri di hadapan yang disembah. Dan ibadah merupakan amalan yang disyariatkan oleh Allah. Definisi yang terbaik dari ibadah disampaikan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Kitab Al-Ubudiyah, “Ibadah adalah nama yang mencakup segala sesuatu yang dicintai dan diridhai Allah dari perkataan dan perbuatan baik yang bersifat dhahir ataupun yang batin.”
    Tanda bahwa sesuatu hal dicintai atau diridhai Allah :
    1. Diperintahkan
    2. Disebutkan pahalanya
    3. Anjuran untuk mengamalkannya
    4. Dikerjakan oleh Rasulullah dalam perkara ibadah, dll
    Barang siapa yang beribadah kepada selain Allah berarti dia telah berbuat dhalim. Hal ini disebabkan karena Allah-lah Dzat yang telah menciptakannya, memberi rizki, dll tetapi dia malah memberikan ibadah kepada selain-Nya.
    Di dalam ayat ini (Dan Tidaklah Aku Menciptakan Jin dan Manusia Kecuali untuk Beribadah Kepada-Ku)ditujukan kepada kaum musyrikin jahiliyah dimana mereka telah meyakini bahwa Allah adalah Dzat yang telah menciptakan mereka (Tauhid Rububiyah), untuk beribadah kepada Allah semata(Tauhid Uluhiyah). Disebutkan dalam ayat yang lain bahwa apabila mereka ditanya siapakah yang telah mencipatakan langit dan bumi maka tentunya mereka akan menjawab dengan pasti bahwa Allah yang telah menciptakannya. Maka dari keyakinan penciptaan inilah, Allah mengarahkan mereka untuk menetapkan Tauhid Uluhiyah.
    Pelajaran penting
    Maka ketauhilah wahai orang-orang yang telah berkeyakinan bahwa Allah yang telah menciptakan kalian, bahwa Allah memerintahkan kalian untuk beribadah kepada-Nya saja.

    BalasHapus
  7. KALU BOLEH TAU MANGGE RANTE MASIH HIDUP YA...
    KLU UDAH MENINGGAL KUBURNYA AD DI MANA...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bila kita ingin mengetahui itu lebih lanjut silahkan hub. no Hp. ini 04514939649 A.n. Ruslan

      Hapus
    2. MANGGE RANTE SUDAH MATI,JANGAN MENGADA-ADA.

      Hapus
  8. sy ingin menanyakan pada siapa sja yg membuka blog ini...
    apakah anda mengetahui d mna sekarang kostum/baju mangge Rante Berada...? dan apa hubungan Sindue dgn Kerajaan Tatanga yg terselimuti... sy butuh jawabannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah baju/kostum nenek manggerante wallahu alam,mengenai hbungan beliau dgn kerajaan TATANGA yg terselimuti adalah keluarga dekat yg mana Ratu Tatanga yg ke-9 adalah adik kandung dari ayah nenek manggerante...!!!!! kalo ragu dgn jwaban ini slahkan tanya langsung dengan puteri beliau yg di Enu.

      Hapus
  9. sy bkn keturunan kaili,tp z mrs dkt skli dg nama lasadindi,dan kalau memang ada yg mau lihat kuburanx beliau,bs hbngi no.hpku,cm sj mgkn 2013 br z bs antar klu benar2 mau tahu makamx beliau,ini no.ku,082192412526.by feros kalipung.

    BalasHapus
  10. SEMUA TIDAK JELAS...!!!
    semua misterius....!!!
    yang batulis dan yg ba komen Panako...!!!

    penulis mengaku tdk suka kepercayaan mistik tapi dia sendiri mengarahkan orang untuk membahas yang mistik....
    LUCU...!!!

    Saya Ojan Anak Pertama dari Fir'aun ke III yang sekarang ada di Uwentira....
    wkwkwkwwkwk...!!!

    ada-ada saja...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balasan Post untuk Ojan Rajawali:

      jangan dipersempit lah pemikiran mu sob..

      ini kan cuma pembahasan, dan ada nilai plus nya jg. lagian yg dibahas disini tdk semua soal mistik atau apalah,, penulis disini hanya sekedar share bgm fenomenal warga yg memberhalakan sebuah tugu.
      tidak ada salahnya kan share info situs2 bersejarah dan khususnya sejarah daerah.
      masalah mitos yg ada penulis cuma memaparkan tapi tdk mengajak pengunjung utk meyakini.

      toh kalo emang gk sesuai dgn keinginan ambil postifnya dan jangan mengambil yg negatifnya..jadi pikir2 lah dulu sebelum komen. pikirannya tolong jangan dipersempit :)

      ada-ada saja (-_-")

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. tugu itu bukan tujuannya untuk disembah tapi mengingatkan yang terjadi masayrakat sindue ,,,,by om radama putra sindue

    BalasHapus
  13. Kalau mau cari tau tentang keberadaan Sindue Lasadindi atau datok karamah +mangge rante, jgn cmn meliputi wilayah toaya/sindue saja, karena sang toko yg dimaksud itu terdapat dimana mana di wilaya sulawesi tengah, karena di wilayah parigi moutong totua totua ngaulu banyak bercerita bahwa datok tersebut wafatnya di bawah air terjun hulu sungai palasa ketika itu dia menyeberangi hulu sungai tersebut dan terpeleset di bawah arus air yg deras hingga jatuh ke dasar air terjun tersebut, setelah itu dia keluar dari dlm air dgn keadaan sakit di bagian kepalanya... Dan duduk ditepi sungai hingga ia wafat dan jasad'a pun menjadi batu...Allahualam
    Ada jg yg bercerita bahwa si datok ini menyiarkan agama sampai kewilayah gorontalo, kalau memang itu benar tidak akan mungkin orang" tua yg masih hidup dri zaman si datok hingga sekarang tidak tahu soal cerita Sindue Lasadindi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asalammualaikum...Rahasia dbalik rahasia pasti tdk akan terbongkar....nama bgitu banyak orangnya hanya 1...NENEK:LASADINDI,DATOKARAMAH,TANDELANGGI,ARUNGGPALAKA,MANGGERANTE,

      Hapus
    2. Asalammualaikum...Rahasia dbalik rahasia pasti tdk akan terbongkar....nama bgitu banyak orangnya hanya 1...NENEK:LASADINDI,DATOKARAMAH,TANDELANGGI,ARUNGGPALAKA,MANGGERANTE,

      Hapus
  14. selain sebagai seorang penyebar agama islam nenek Lasadindi jg adlah seorang Tadulako tanah kaili.....krna beliau s4 memimpin pasukan membantu saudari ayahnya ( tantenya ) Ratu Tatanga Baligau Ke 9 Ratu Raninggamagi n s4 dipenjarakan di donggala.nenek Lasadindi sendiri adlh putera dari Raja sindue yg bergelar pue nompenga balengga yg nama aslix tdk bs dsbutkan.

    BalasHapus
  15. Mau tau aja mangge rante asli nya asli mana

    BalasHapus
  16. Nama"samaran terlalu banyak..nenek TANDELANGI,DATOKARAMA,MANGGE RANTE,PUE LANGGI,ARUNG PALAKA,LASADINDI...rahasia itu tdk akan bisa terbongkar...

    BalasHapus
  17. Nama"samaran terlalu banyak..nenek TANDELANGI,DATOKARAMA,MANGGE RANTE,PUE LANGGI,ARUNG PALAKA,LASADINDI...rahasia itu tdk akan bisa terbongkar...

    BalasHapus
  18. Nama"samaran terlalu banyak..nenek TANDELANGI,DATOKARAMA,MANGGE RANTE,PUE LANGGI,ARUNG PALAKA,LASADINDI...rahasia itu tdk akan bisa terbongkar...

    BalasHapus
  19. Mungkin saja payung itu mencegah supaya cat patung itu tidak cepat luntur atau terhapus, mungkin... Yah mungkinlah,

    BalasHapus
  20. Sy keturunannya..tolong sebut Puang La Sadindi agar lebih sopan

    BalasHapus
  21. Bismillah... z terlahir dari teesan air iyah air yg maha agung Allah swt mempejalan kan hambanya di alam satu ke alam lain nya MALILU SIPAKAINGE REBBASIPATOKKONG MALI SI PARAPPE SALAM DARI Z DI BUMI ALLAH NUMPANG MENCARI DOSAH LALU SEMOGAH KIRANYA ALLAH SWT BERI PETUNJUK NYA DALAM MENCARI CINTA NYA PADA HAMBA NYA

    BalasHapus

UNTUK KOMENTAR DISILAHKAN MENGISI KOTAK DIBAWAH DENGAN CARA BERI KOMENTAR SEBAGAI
( PILIH YANG ADA DALAM KOTAK ) YAITU : ANONYMOUS